kesehatan
Semua informasi yang ada di dalam www.macapat.blogspot.com hanyalah sekedar memberikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber bukan maksud untuk memberi nasihat, saran ataupun yang lainnya. Apabila anda mempunyai masalah dengan kesehatan hubungilah dokter anda. Tanyalah informasi obat-obat yang anda beli di apotek kepada Apoteker untuk mendapatkan informasi obat yang anda minum dengan tepat dan benar
Saturday, November 11, 2006
CARA TEPAT MENGGUNAKAN INHALER
Inhaler merupakan salah satu bentuk sediaan farmasi yang cara penggunaannya dengan disemprotkan atau dihisap lewat mulut ataupun hidung. Biasanya bentuk sediaan ini diperuntukkan bagi penderita asma. Anda mungkin bertanya, mengapa sediaan obat untuk penderita asma adalah inhaler? Hal ini dikarenakan obat bagi penderita asma dikehendaki dapat memberikan efek yang cepat. Walaupun bentuk sediaan tablet bagi penderita asma juga ada, misalnya tablet teofilin, aminophilin, dan salbutamol, namun bentuk tablet ini tidak efektif bila digunakan pada saat terjadi serangan asma secara mendadak. Bila dibanding bentuk tablet, bentuk sediaan inhaler akan berefek lebih cepat karena bentuk partikel inhaler berupa gas sehingga tidak perlu mengalami pemecahan partikel obat layaknya bentuk sediaan tablet.
Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan di dalam menggunakan sediaan inhaler, tidak bisa asal menghisap atau menyemprotkan saja. Berikut kami paparkan beberapa cara tepat menggunakan inhaler lewat mulut :
1. Keluarkan dahak sebanyak-banyaknya.
2. Kocok botol aerosol sebelum digunakan.
3. Katupkan bibir anda rapat-rapat pada mulut aerosol, lalu tengadahkan ke atas sedikit kepala anda.
4. Buang napas perlahan-lahan, hembuskan udara paru-paru sebanyak mungkin melalui hidung.
5. Tarik napas dalam-dalam dan tekan aerosol, tahanlah napas selama 10 hingga 15 detik, lalu hembuskan napas melalui hidung.
6. Bersihkan mulut aerosol dengan air hangat.

Biasanya penggunaan sediaan aerosol maksimal untuk dua kali pemakaian, tetapi tentu saja hal ini tergantung pabrik pembuatnya. Setiapkali menggunakan suatu produk obat, sebaiknya anda selalu membaca etiket yang menyertainya terutama tentang aturan pakai yang benar. Apabila tidak terdapat etiket, maka tanyakan kepada apoteker supaya pemakaian obat anda terjamin ketepatannya.
(Roviq, Buletin PIO MFK UGM, 08/05).
mainorarchivepage>
baca selengkapnya..
posted by Arafat @ 5:35 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


Menu

My Profile

Jenengku:
Arafat
Omahku:
Tegal, Jogjakarta, Indonesia

Iki lo profileku

My Posting
Arsip
Serba-serbi

Me on Friendster

Web Links
Disponsori oleh

15n41n1

BLOGGER