kesehatan
Semua informasi yang ada di dalam www.macapat.blogspot.com hanyalah sekedar memberikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber bukan maksud untuk memberi nasihat, saran ataupun yang lainnya. Apabila anda mempunyai masalah dengan kesehatan hubungilah dokter anda. Tanyalah informasi obat-obat yang anda beli di apotek kepada Apoteker untuk mendapatkan informasi obat yang anda minum dengan tepat dan benar
Thursday, November 09, 2006
KIAT CERDIK MENYIMPAN SIRUP OBAT
Obat yang sudah dibuka dari kemasannya sangat mudah mengalami kerusakan terutama jika tidak disimpan sesuai dengan aturan penyimpanannya. Obat yang rusak bisa menurunkan efek obat atau bahkan membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana menyimpan obat dengan benar.
Sirup merupakan salah satu bentuk sediaan obat yang mudah mengalami kerusakan. Sebagai bentuk sediaan cair, sirup memiliki kandungan air cukup banyak. Air merupakan media kehidupan yang baik, termasuk untuk mikroba dan bakteri. Air juga mempermudah dan mendorong terjadinya reaksi kimia. Oksigen di udara dapat mengoksidasi zat dalam cairan obat dengan mengoksidasinya. Reaksi oksidasi ini lebih mudah berlangsung dalam keadaan lembab atau dalam obat yang mengandung banyak air.
Kandungan gula yang cukup tinggi pada sirup dapat mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Akan tetapi, kandungan gula yang tinggi ini tidak dapat mencegah reaksi oksidasi yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, tutuplah botol cairan obat rapat-rapat untuk mencegah masuknya udara yang membawa oksigen dan mikroorganisme selama penyimpanan. Selain itu, jangan tempatkan obat pada ruangan yang lembab, lebih baik bila anda memiliki kotak obat.
Panas, cahaya dan lembab mempercepat reaksi kerusakan obat. Sebaliknya simpan obat dalam wadah kedap cahaya (dalam wadah berwarna gelap/coklat, atau masukkan botol dalam kantong kertas atau biarkan tetap dalam kantong kemasannya) di tempat yang bersuhu rendah. Jauhkan obat dari panas dan cahaya langsung. Dianjurkan menyimpan obat cair (sirop atau suspensi) dalam ruangan bersuhu 200C atau dalam lemari pendingin bersuhu 5-100C dengan membungkusnya terlebih dahulu dalam kantong kertas atau kantong plastik hitam untuk memperpanjang masa simpan obat. Tapi jangan menyimpan obat dalam freezer karena justru akan mempercepat rusaknya obat.
Jangan simpan obat di lemari dekat dapur karena suhunya agak panas. Suhu dalam mobil juga sangat panas ketika diparkir/AC dimatikan sehingga sebaiknya anda tidak menyimpan obat di dalam mobil. Dimanapun anda menyimpan obat, jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Ingat, semua obat adalah racun, jika tidak digunakan sesuai aturannya.
Jangan memindahkan isi obat ke dalam wadah pengganti. Tetap simpan dalam wadah asalnya yang masih lengkap dengan label, agar anda tidak keliru menggunakan obat. Label memuat informasi yang penting untuk keselamatan konsumen/pasien. Bacalah label atau leaflet yang terdapat di kemasan obat dengan seksama, walaupun obat tersebut anda peroleh dengan resep dokter. Resep dokter tidak mengurangi hak konsumen untuk mendapat informasi yang lengkap tentang obat yang dikonsumsinya.
Tanggal kadaluarsa yang tercantum di kemasan hanya berlaku untuk obat yang belum dibuka. Oleh sebab itu, untuk sirop yang sudah dibuka, tanggal ini tidak berlaku lagi. Obat dalam bentuk sirop cukup aman digunakan dalam rentang waktu dua minggu sampai dua bulan setelah dibuka asal penyimpanannya cukup baik. Akan tetapi, obat cair bentuk suspensi (seperti sirop tapi lebih kental dan mengandung lebih sedikit gula) sebaiknya hanya digunakan sampai satu minggu setelah dibuka tutupnya. Anda dapat menanyakan kepada apoteker di apotek tempat anda membeli obat, apakah obat yang anda beli merupakan sirop atau suspensi. Obat suspensi biasanya diberikan dalam kemasan kecil. Jika selesai satu kali pengobatan, sebaiknya obat bentuk suspensi segera dibuang dan jangan diberikan kepada pasien yang lain atau disimpan untuk pengobatan lain kali. (XI-4&dee, Buletin PIO MFK UGM, 04/05).
mainorarchivepage>
baca selengkapnya..
posted by Arafat @ 11:58 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


Menu

My Profile

Jenengku:
Arafat
Omahku:
Tegal, Jogjakarta, Indonesia

Iki lo profileku

My Posting
Arsip
Serba-serbi

Me on Friendster

Web Links
Disponsori oleh

15n41n1

BLOGGER