kesehatan
Semua informasi yang ada di dalam www.macapat.blogspot.com hanyalah sekedar memberikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber bukan maksud untuk memberi nasihat, saran ataupun yang lainnya. Apabila anda mempunyai masalah dengan kesehatan hubungilah dokter anda. Tanyalah informasi obat-obat yang anda beli di apotek kepada Apoteker untuk mendapatkan informasi obat yang anda minum dengan tepat dan benar
Friday, November 10, 2006
BRONKHITIS
Anda atau salah satu anggota keluarga anda pernah menderita Bronkhitis? Sebagian besar orang pernah menderita Bronkhitis, namun banyak yang tidak menyadari kalau dirinya menderita Bronkhitis karena gejala yang dirasakan hanya batuk-batuk atau sakit di tenggorokan.
Bronkhitis adalah peradangan dari satu atau lebih saluran pernafasan yang disebut bronkus atau batang tenggorok. Peradangan ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena virus, bakteri, alergi dan lainnya. Para penderita biasanya merasakan demam, nyeri pada dada terutama pada waktu batuk. Peradangan pada bronkus juga bisa disebabkan masuknya benda asing pada saluran pernafasan dan menginfeksi dinding saluran tersebut misalnya karena rokok, debu, atau bahan kimia. Ketika sel-sel pada bronkus teriritasi, rambut-rambut yang ada pada dinding bronkus,yang pada keadaan normal bekerja menghadang dan mencegah iritan masuk ke paru-paru, menjadi berhenti berfungsi. Akibatnya aliran udara masuk keparu terhambat oleh iritan-iritan tersebut. Sebagai respon, tubuh mengeluarkan lendir (mucus) yang mengkarakteristik batuk pada Bronkhitis.
Terdapat dua macam Bronkhitis, akut dan kronis. Bronkhitis akut bisa terjadi setelah atau bersamaan dengan flu. Biasanya Bronkhitis akut ini sembuh dengan sendirinya setelah kurang lebih 10 hari. Apabila anda merokok, maka anda kemungkinan besar bisa terserang akut dan kemungkinan sembuhnya lebih lama dari yang tidak merokok. Ini karena batang tenggorokan anda telah rusak oleh rokok. Bronkhitis kronis didefenisikan sebagai pengeluaran lendir (mucus) yang berlebihan oleh bronkus dan biasanya batuk yang menyertai keluarnya lendir ini terjadi selama tiga bulan atau lebih dan bahkan tahunan. Jenis Bronkhitis yang satu ini lebih disebabkan karena infeksi virus pada saluran pernafasan atau paru-paru.
Untuk penanganan Bronkhitis akut bisa dengan istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan menghindari udara dingin. Apabila anda merokok maka akan lebih baik jika mengurangi atau menghentukan kebiasaan merokok anda. Pemberian antibiotik sering kurang efektif untuk penanganan Bronkhitis karena biasanya disebabkan karena virus, bukan bakteri. Namun dokter tetap sering meresepkan antibiotik bagi penderita Bronkhitis untuk mencegah infeksi yang lebih parah. Pada Bronkhitis kronis, pengobatan batuk tidak boleh dengan obat yang menekan batuk (antitusif) seperti dekstrometorfan, kodein, dan pholcodin karena batuk tersebut merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan zat-zat pengiritasi. Pilihlah obat batuk jenis ekspektoran (OBH, gliseril guaikolat, difenhidramin, tripenelamin, dll), obat batuk jenis ini akan membantu mempercepat pengeluaran lendir.(Nani, berbagai sumber, PIO MFK UGM, 08/05).
mainorarchivepage>
baca selengkapnya..
posted by Arafat @ 12:00 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


Menu

My Profile

Jenengku:
Arafat
Omahku:
Tegal, Jogjakarta, Indonesia

Iki lo profileku

My Posting
Arsip
Serba-serbi

Me on Friendster

Web Links
Disponsori oleh

15n41n1

BLOGGER